Catatan Terupdate Setiap Hari

Tulisan Berisi Info Yang Bermanfaat bagi pembaca nya

Breaking

Senin, 21 Desember 2020

Anak Mulai Suka Menonton TV? 3 Tips ini Sebaiknya Anda Terapkan

Televisi menjadi salah satu produk teknologi yang banyak diminati masyarakat Indonesia. Pasalnya TV menghadirkan hiburan dalam bentuk tiga dimensi atau audio visual yang memudahkan penonton mengenali tontonan tersebut. Dalam TV juga tersedia berbagai channel atau saluran televisi yang menarik dan dapat disesuaikan dengan selera penonton. Harga TV juga terjangkau sehingga tidak akan memberatkan Anda yang ingin membelinya.


Penemu televisi pertama kali adalah John Logie Baird di laboratorium London. John berhasil memindahkan gambar dari televisi pada tahun 1926. Penemuan tersebut menjadi awal mula kehadiran TV sebagai alat komunikasi berbentuk visual yang dikenal hingga saat ini.

Tips aman nonton TV untuk anak

Tayangan pada televisi banyak yang menarik masyarakat untuk menontonnya setiap hari. TV dapat dinikmati oleh berbagai kalangan karena variasi tontonan yang banyak, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Apalagi bagi anak-anak yang masih memiliki rasa ingin tahu besar, sangat menyukai kehadiran televisi dan tayangan di dalamnya. Oleh karena rasa penasaran tersebut, Anda sebagai orangtua harus selalu mendampinginya setiap kali si kecil menonton TV.

Bagaimana tips mengawasi anak Anda saat melihat tayangan di televisi? Berikut uraiannya.

  1. Hindari memasang televisi di kamar tidur

Cara aman saat anak Anda mulai tertarik dengan tayangan TV adalah mengatur peletakan televisi agar tidak berada dalam kamar tidur. Jika TV diletakkan di kamar anak, hal tersebut dapat membuat anak lebih betah dan bebas menonton TV tanpa merasa dipantau orangtua.

 

Lebih dari itu hal ini akan membuat anak ketagihan menonton TV dalam suasana yang menyenangkan dan jauh dari pengawasan orangtua. Oleh karena itu sebaiknya Anda meletakkan TV di ruang tengah atau ruang keluarga agar lebih mudah dijangkau dan diawasi oleh orangtua.

 

  1. Membimbing dan menemani anak menonton TV

Cara paling aman bagi anak yang sedang suka menonton TV adalah dengan tidak melarangnya, namun orangtua melakukan pengawasan ketat. Usahakan agar Anda selalu hadir saat anak menonton TV dan bergabung dengannya. Beri beberapa pertanyaan kecil tentang apa yang ditonton agar dapat melatih komunikasi anak. Optimalkan televisi sebagai media belajar dan media tontonan yang berguna bagi anak Anda.

 

Bagi Anda yang hendak membeli TV atau ingin ganti dengan tipe yang lebih baik, jangan lupa juga meminta pertimbangan pada anak. Dengan meminta pertimbangan tersebut, anak akan terbiasa memiliki keputusan dan kebebasan memilih. Lalu jangan lupa untuk selalu mengupdate harga TV agar dapat mempersiapkan budget yang tidak memberatkan dompet Anda.

 

  1. Membuat durasi anak menonton TV

Anak yang sudah menemukan kesenangan saat menonton televisi akan susah dihentikan. Agar tidak sampai ketagihan menonton, orangtua harus tegas dalam membuat batasan durasi tentang berapa lama anak boleh menonton televisi.  Durasi tersebut dapat disesuaikan dengan usia anak dan kebutuhannya.

Komunikasikan dengan baik kenapa Anda membatasi waktu anak menonton TV. Kemudian beri dampak dan manfaat dari adanya durasi tersebut untuk kesehatan fisik dan mentalnya.

Semoga tiga cara di atas dapat membuat Anda yang lebih mudah dalam memastikan tayangan TV aman untuk si kecil. Pada dasarnya TV memiliki banyak manfaat, terutama jika harga TV tersebut mahal karena biasanya dilengkapi dengan fitur canggih, hanya saja tontonan si kecil harus lebih diseleksi karena apa-apa yang anak lihat dan dengar akan dengan mudah diserap dan ditiru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar